Sabtu, 20 November 2010

“Proses” itu tidak lama!


Terkadang ada beberapa hal yang mebuat kita terjatuh, seakan-akan kita merasa gak kuat untuk menghadapinya. Kita hanya bisa mengeluh, menangis dan berkata kepada Tuhan “ Tuhan kenapa Tuhan ijinkan saya menghadapi persoalan ini, saya gak kuat menghadapinya”. Ketahuilah Tuhan gak pernah memberikan kita cobaan melebihi kekuatan kita. Tujuan Tuhan memberikan kita cobaan adalah Tuhan mau membentuk karakter dalam hidup kita (Yeremia 18:4). Ketika Tuhan membentuk kita merupakan sebuah proses, dan masa dimana Tuhan membentuk kita sangat tidak enak.

Saya sangat suka dengan ilustrasi yang mengisahkan proses yang dialami sebuah cangkir yang indah. Untuk dapat membuat cangkir yang sangat Indah perlu melalui proses yang sangat sulit. Ketika dalam proses pembuatannya, cangkir tersebut dibanting, dipukul-pukul oleh pengrajin hingga di masukkan kedalam tungku pemanasan yang sangat panas untuk memperoleh hasil yang sangat indah dan memiliki karya seni yang tinggi. setelah cangkir itu selesai dibentuk maka cangkir tersebut akan ditempatkan di tempat yang indah pula. Seandainya pada saat dibentuk cangkir dapat berteriak kesakitan lalu pengrajin itu mendengarkan teriakannya dan berhenti untuk membentuknya, maka cangkir tersebut tidak akan bernilai apa-apa. Begitu pula dengan diri kita. Terkadang Tuhan ijinkan kita mengalami hal yang sulit dalam hidup kita, Tuhan ijinkan kita terjatuh, tuhan ijinkan kita kecewa karna gak bisa jadi seperti yang kita inginkan, dipecat dari sebuah pekerjaan, kegagalan bisnis, kandasnya sebuah hubungan, permasalahan seputar study, dll. Banyak dari kegagalan dan kehilangan merupakan jembatan menuju diperolehnya hal yang jauh lebih baik dari yang pernah Anda harapkan. Namun sayangnya banyak orang yang ikut kandas dengan sebuah kegagalan dan kehilangan, dan berlarut-larut dengan hal tersebut. Beberapa bahkan memendam rasa bersalah hingga perasaan dendam, sehingga menutup diri untuk mendapatkan hal yang lebih baik yang mungkin telah dekat dengan dirinya.

Ketika kita dalam situasi sepert ini, sangat sulit buat kita untuk mengucap syukur dan bangkit lagi. Tanpa kita sadari, semua itu hanyalah sebuah proses yang tidak berlangsung lama, sebuah proses untuk membentuk kita menjadi baik bahkan lebih baik. Tuhan ingin ketika kita menghadapi persoalan kita datang kepada Tuhan berserah kepadaNya dan menyerahkan persoalan tersebut kepadaNya dan biarlah Tuhan yang menyelesaikan dengan cara Tuhan. Ketahuilah bahwa setiap kejadian kehidupan selalu ada pelajaran untuk mencapai kesempurnaan. ”There some losses that are actually a big gifts”.

Namun pada akhirnya proses itu akan berakhir dan kita akan melihat karya Tuhan dalam hidup kita. ketika kita telah berhasil menjalani proses tersebut, Tuhan akan menepatkan kita ditempat yang lebih baik, bahkan yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Tuhan akan memulihkan kehidupan kita lebih baik dari sebelumnya, Tuhan akan mengangkat kita naik dan bukan turun (2 Timotius 2:1, 25).

Perlakukanlah kegagalan dan kehilangan Anda sebagai jalan pintas untuk mendapatkan segala sesuatu yang lebih baik! Keep the open mind & optimism!

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts